18 Tips Hidup Lebih Tenang Dan Bahagia

Hidup Lebih Tenang Dan Bahagia

1. Berdoa (Mendekatkan diri Zat Pencipta).
Ada masalah atau sedang susah hati? Daripada anda mengikuti perasaan tersebut, adalah lebih baik anda “mengadu” dengan Tuhan. Bukankah doa bisa memberi pengharapan dan menambah keyakinan seorang insan terhadap penciptanya.

2. Tidur dan istirahat yang cukup
Tidur dan istirahat yang cukup amat penting bagi kesehatan mental dan fisik kita. Prestasi sewaktu anda dalam keadaan berjaga bergantung kepada apa yang terjadi semasa anda tidur.

3. Berbagi tugas
Senantiasa harus ingat bahwa anda adalah seorang manusia biasa yang hanya punya 2 kaki dan 2 tangan, dan buka seorang super power. Jadi jangan paksa diri untuk melakukan semua perkara. Minta bantuan orang lain untuk meringankan beban anda. Contohnya, jika anda seorang bos, wakilkan tugas dengan baik kepada pekerja anda. Untuk suami istri pula, kerjasama tanggungjawab dalam membangun keluarga secara saksama.

4. Belanjakan uang sesuaikan kemampuan
Diantara faktor utama manusia tidak bahagia , tertekan dan sengsara dalam hidup adalah adanya beban hutang. Seperti kata pepatah, biar miskin asal bergaya. Jadi rancanglah keuangan anda dengan baik dan berbelanjalah mengikuti kemampuan yang ada. Jangan lupa diri setiap kali dapat gaji tapi akhirnya susah hati pada ujung bulan karena kehabisan uang. Atur sesuai kebutuhan utama anda dan jadi bijak dalam membedakan antara maksud dan keperluan.

5. Jaga bahasa dalam berkata-kata
Jangan karena mulut badan jadi binasa. Orang yang bermulut jahat dan suka memfitnah tentunya akan tidak disukai oleh masyarakat, termasuk teman dan keluarga anda juga. Akibatnya semua orang di sekeliling akan mulai menjauhkan diri dari anda.

6. Lakukan pengaturan makan makanan yang sehat
Makanan yang sehat akan mengurangi risiko anda dari mengidap penyakit-penyakit berbahaya.

7. Belajar rapi
Pastikan semua barang- barang anda tersusun dengan rapi. Jadi kehidupan sehari-hari anda akan menjadi lebih teratur. Anda tentu tidak mau terlambat berangkat kerja karena mencari kunci rumah yang berada…. Entah di mana… bukan?

8. Isi waktu luang dengan baik
Isi waktu luang anda dengan aktivitas yang bermanfaat atau dapat menghiburkan anda. Misalnya jika anda naik angkutan umum, saat menunggu kadang-kadang dapat membuat anda tertekan,bosan bukan? Isi saat tersebut dengan aktivitas yang relevan dan anda suka seperti membaca buku atau lainnya.

9. Ambil waktu untuk bersendiri
Menurut psychologytoday.com, bersendirian penting dilakukan untuk bisa anda menenangkan pikiran, meningkatkan produktivitas dan konsentrasi, memberi peluang anda mencari diri sendiri, berpikir lebih dalam, meningkatkan kualitas dalam perhubungan dengan orang lain dan menyelesaikan masalah dengan lebih mendalam.

10. Bermain dengan anak-anak/bayi atau binatang peliharaan
Ini tips yang pernah penulis tonton daripada satu program Tv oleh pakar motivasi Dato’ Dr. H Mohd Fadlilah Kamsah. Menurut beliau, menimang bayi adalah diantara cara untuk menghilangkan stress. Kesan yang sama dapat dirasakan dengan menyentuh hewan peliharaan seperti kucing.

11. Senyum dan tertawa
Senyum dari sudut ilmiahnya akan memperbaiki Endorphins yang akan membuat kita lebih tenang dan ceria. Menurut longevity.about.com, senyuman akan membuat seseorang menjadi lebih menarik, mengubah mood, menghilangkan stress,meningkatkan sistem imunisasi, mengurangi tekanan darah dan membuat seseorang lebih awet muda.

12. Mencintai pekerjaan anda
Kerja anda seolah-olah sebagian daripada hidup anda. Kebanyakan waktu anda dihabiskan untuk bekerja. Jika anda tidak sukai atau tertekan dengan kerja anda, tentu sekali anda akan merasa tidak bahagia secara tidak langsung.

13. Berhenti bergosip tentang orang lain.
Orang yang sibuk membicarakan masalah orang lain adalah orang yang suka bersangka buruk dan suka mencari kesalahan orang lain. Sebenarnya, secara tidak langsung, hal seperti ini membawa kesan negatif kepada diri anda sendiri juga.

14. Lupakan kenangan pahit
Jangan biarkan diri anda terbelenggu dengan masa lalu anda yang kurang enak. Pandang ke depan dan lupakan saja perkara itu. Anggaplah pengalaman pahit anda sebagai pengajaran dan pengalaman hidup yang mematangkan diri anda.

15. Bersyukur
Orang yang senantiasa punya rasa tidak puas hati dan iri hati dengan orang lain tidak akan bahagia. Belajarlah bersyukur dan menghargai apa yang ada. Coba pandang nasib orang lain yang lebih buruk daripada anda dan berhenti membandingkan diri anda dengan orang lain.

16. Berpikiran positif
Pandang setiap perkara dari sudut positifnya. Setiap perkara mesti ada sisi baik dan buruknya. Berhenti mengeluh dan bersangka buruk dengan orang lain. Buka hati dan hati anda seluas-luasnya.

17. Anggap kehidupan sebagai proses belajar
Apa saja yang anda lalui, itu merupakan satu perjalanan hidup. Guru terbaik adalah pengalaman hidup anda sendiri. Jadi jangan ada penyesalan dalam hidup anda sehingga membelenggu dan menghalang anda dari bergerak ke masa depan.

18. Jadilah seorang yang pemaaf
Belajar untuk memaafkan orang lain yang pernah berbuat salah kepada anda. Sebelum tidur coba untuk memaafkan semua orang di sekeliling anda. Mungkin untuk beberapa kasus serius, anda mungkin memerlukan waktu untuk berbuat demikian. Ambillah seberapa banyak pun waktu namun jangan berhenti mencoba.

Semoga manfaat !

Related Post

Latest
Previous
Next Post »

Saran anda adalah pembangun kekurangan blog-Atau silahkan komentar ada yang diperlukan !Infoso.

Namecheap.com