Spesifikasi Laptop/Pc Rendah dan Upgrade Windows

Upgrade OS sepertinya sekarang jadi suatu yang sedang berkecamuk bagi para pengguna windows setelah dikeluarkan windows 8 atau 8.1. Bagaimana tidak?,mau rela atau tidak,mengelak atau tidak kasus ingin meng-upgrade ke windows yang lebih tinggi sangat dimungkinkan bermunculan pada para pengguna windows sebelumnya. Terlebih setelah pengumuman resmi telah dikelarkan kalau windows xp akan dihentikan (selain scurity esential) dukungannya pada 9 april 2014 ini,tentu banyak menimbulkan was-was bagi pengguna pada umumnya. Dalam arti OS windows xp yang sudah tidak lagi didukung updatenya (kecuali dukungan untuk intelektual) akan rawan dari segala resiko walau masih bisa tetap dijalankan.

All Windows

Sebenarnya semua itu tidak jadi masalah hanya karena harus memulai lagi belajar membiasakan diri akrab dengan tampilan baru w7,8,8.1,namun akan sangat bermasalah bagi para pengguna/pemilik laptop/pc dengan spesifikasi rendah yang tidak memenuhi syarat untuk instal w7 ke atas. Dengan keadaan ini tentu akan lahir pertanyaan pada banyak pengguna yang sudah lengket dengan perangkatnya terutama sekali bagi yang tidak punya kemampuan untuk upgrade perangkat alias harus beli yang baru yaitu

"Apa bisa w7,8,8.1 di instal dan dijalankan pada laptop spesifikasi rendah?".

Dalam kasus ini saya menulis judul seperti di atas dan membuka permasalahan ini bukan karena saya ahli dalam hal ini,namun saya akan menjawab berdasar apa yang saya alami dengan menggunakan laptop spesifikasi rendah Dell Latitut D400,maka bagi anda yang memiliki perangkat sebanding spesifikasinya pengalaman ini bisa jadi masukan.

Ini Spesifikasi Laptop Dell Latitut D400 saya (sudah instal w7 Ultimate):
System Information
------------------
  • Time of this report: 4/3/2014, 02:52:40
  • Machine name: PERSONAL
  • Operating System: Windows 7 Ultimate 32-bit (6.1, Build 7601) Service Pack 1 (7601.win7sp1_gdr.130828-1532)
  • Language: Indonesian (Regional Setting: Indonesian)
  • System Manufacturer: Dell Computer Corporation
  • System Model: Latitude D400 
  • BIOS: Phoenix ROM BIOS PLUS Version 1.10 A03
  • Processor: Intel(R) Pentium(R) M processor 1400MHz, ~1.4GHz
  • Memory: 512MB RAM
  • Available OS Memory: 510MB RAM
  • Page File: 925MB used, 608MB available
  • Windows Dir: C:\Windows
  • DirectX Version: DirectX 11
  • DX Setup Parameters: Not found
  • User DPI Setting: 96 DPI (100 percent)
  • System DPI Setting: 96 DPI (100 percent)
  • DWM DPI Scaling: Disabled
  • DxDiag Version: 6.01.7601.17514 32bit Unicode
Bagi anda yang ingin mengetahui spesifikasi laptop/pc anda dapa ikuti cara di bawah :
1. Bisa berjalan untuk semua jenis windows.
2. Klik Start, pilih Run /bisa Tekan Tombol Windows + R.
3. Ketikkan “dxdiag” (tanpa tanda petik) lalu klik tombol "Enter".
4. Akan muncul jendela DirectX Diagnostic Tool. Dan anda dapat melihat spesifikasinya pada halaman tersebut.

Yang jadi jawaban penting untuk pertanyaan dengan perangkat Laptop/pc) spesifikasi adalah "Apa bisa diinstal w7,8,8.1 ?". Saya tidak akan menjawab semua,tapi baca apa yang telah saya buat.

Saya telah mencoba untuk instal Windows 8 namun belum pernah berhasil alasanya karena spesifikasinya tidak memenuhi syarat sama sekali. Akhirnya saya coba untuk instal windows 7 (sebab pakai xp tidak lagi dapat booting) dan ternyata bisa walau memori pas-pasan banget (Untuk cara instalnya silahkan cari panduannya di google,saya belum sempat update cara instal w7).

Namun walau laptop saya telah bisa instal w7 dan dapat dijalankan dengan lancar ada hal yang saya kurang menerima dan sangat mengganggu saya yaitu pada "screen resolusi-nya" bila menggunakan setting default maka tampilannya besar minta ampun,jadinya pakai laptop kaya pakai tampilan mobile (heheheh...).

Lalu saya coba untuk mencari pilihan pengaturan resolusi yang paling sesuai pada layar ke 1024x768 akan tetapi masalah baru muncul yaitu warna jadi bubar/pecah/tidak normal/tidak jelas/buram yang jelas tidak menyenangkan.

Jadi kesimpulan saya untuk jawabanya dengan spesifikasi rendah adalah:
1. Untuk instal widows 7 bisa namun banyak fitur yang tidak mendukung/berkerja termasuk resolusi yang kurang pas.
2. Untuk instal windows 8,8.1 tidak bisa. (dari pengalaman saja)

Solusi yang mungkin dapat dilakukan dengan upgrade memori atau kalau punya dana ya beli yang baru yang memiliki spesifikasi memadai. Ada yang memiliki solusi silahkan di share lewat kolom komentar !. Semoga manfaat.

Related Post

Previous
Next Post »

Saran anda adalah pembangun kekurangan blog-Atau silahkan komentar ada yang diperlukan !Infoso.

Namecheap.com