Aku Blogger Profesional

Apakah Aku blogger profesional?. Begitu kira-kira pertanyaan yang ditujukan untuk diri masing-masing. Saya percaya bahwa kita akan sepakat bila secara dikehendaki memandang seorang blogger profesional adalah seorang blogger yang memiliki keunggulan,seperti :
1. Ia adalah seorang yang memahami pemrograman blog/web (termasuk SEO di dalamnya).
Karenanya ia akan dengan baik dan benar mampu mengoptimalkan web/blognya mudah akrab dengan mesin pencari,mudah temukan oleh konsumen,blog yang selalu muncul dalam pencarian sesuai keyword yang menjadi target. Web yang benar-benar seo friendly. 
2. Ia juga paham dengan desain web/blog yang baik.
Karenanya ia akan bisa membuat tampilan web yang yang rapi,enak dipandang,tampilan menu/navigasi yang mudah,tidak membingungkan bahkan oleh pengunjung pemula sekali pun. Walaupun mungkin tampilan sederhana namun tetap tampak memiliki wibawa dan memberi kenyamanan pengunjung. 
3. Ia adalah ahli dengan hal (konten) yang disediakan dalam webnya.
Dengan menjadi ahli dalam bidang yang terkandung pada tiap konten yang disediakan maka ia akan mampu menulis dengan baik dan dapat memberi jawaban yang tepat untuk mengatasi masalah yang timbul/ketidakpahaman bagi pengunjung yang bertanya. 
4. Ia juga orang yang paham dengan ilmu Internet marketing secara baik.
Karenanya ia tahu ke mana arah web/blognya akan dibawa. Akan bisa dengan baik menyajikan webnya sesuai dengan target yang tepat,baik dalam hal kesesuaian umur,kepentingan dan tingkatan sosial yang dimilikinya.
Itulah beberapa syarat dasar untuk menjadi blogger profesional. Namun Infoso memandang bahwa hal itu bukan syarat mutlak sebab beberapa syarat di atas dapat di beli melalui layanan jasa pihak ke 3. Yang artinya mesti ia bukan ahli dalam hal di atas ia masih bisa dengan mudah mengaturnya asal ia memiliki dana cukup untuk membayar layanan jasa tersebut yang sekarang banyak dapat ditemui di Internet.

Aku Blogger Profesional

Infoso sangat menggaris bawahi satu syarat mutlak yang harus dimiliki namun ini tidak bisa dibeli dengan materi. Yaitu seorang blogger yang memiliki karakter,sikap/prinsip,jujur,ulet,ramah,sportif,dan dinamis. Syarat inilah yang sangat sulit ditemukan dimiliki oleh banyak blogger (saya mengakui saya juga belum termasuk),yang hari ini berkeliaran didunia online.

Blogger yang dengan karakter baik tentunya akan mampu:
1. Memberi warna tersendiri untuk diri sendiri,memberi wibawa dan kehormatan bagi diri pada pandangan konsumen (kepercayaan). 
2. Mampu memberikan sajian yang baik dengan bahasa yang mudah dan transparan (jelas tanpa ada yang disembunyikan). Ingatlah bahwa bahasa promosi yang tidak sebanding dengan apa yang ditawarkan adalah gelap,dapat tergolong ke dalam penipuan,setidaknya pasti akan memberi rasa kesal pada konsumen. 
3. Tidak memiliki rasa dengki/hasad dengan blogger lainnya yang dianggap sebagai pesaing,dengannya ia akan tetap bertindak dan bersikap baik. 
4. Paham dan mampu menghargai hak cipta orang lain,termasuk tidak pernah meremehkan kemampuan orang lain yang mungkin masih jauh di bawahnya. Atau pun rendah diri dengan orang yang di atasnya,berani,tegas namun tetap rendah hati. 
5. Lebih bangga dengan hasil pemikiran dan tangan sendiri,walau mungkin belum sehebat orang-orang yang ahli.
Demikianlah beberapa pandangan Infoso dalam menilai blogger profesional,dan saya menyadari masih banyak lagi yang mesti digali untuk benar-benar menjadi profesional. Bagi anda punya hak untuk memiliki pandangan sendiri,karena tiap kita punya pilihan masing-masing akan ke mana membawa diri anda sendiri. Anda pun boleh memiliki versi sendiri dalam menilai bagaimanakah seorang blogger profesional. Ini semua adalah bahan untuk bahan renungan agar kita dapat memilih dengan benar untuk apa kiat terjun ke dunia online,sehingga kita tidak akan termasuk orang yang akan mengorbankan orang lain untuk tujuan pribadinya.

Yang berarti bila kita tidak dapat menjadi orang yang bisa dipercayai di dunia online,maka bisa juga dipastikan kita tidak dapat dipercaya dalam dunia nyata.

Related Post

Previous
Next Post »
Namecheap.com