Sistem Operasi Komputer?

Demikian halnya yang berkaitan dengan sebuah 'sistem operasi' (unsur komputer) juga merupakan sebuah software,dan bagian terpenting yang berjalan pada komputer,yang mengatur memori,memproses,juga semua perangkat lunak yang ada dan perangkat keras. Atas kinerja inilah sehingga Anda dapat menggunakan atau berkomunikasi dengan komputer tanpa anda harus mengetahui tentang bahasa komputer. Apabila tidak ada sistem operasi ini,maka sebuah komputer tidak akan dapat bekerja mengatur,mengolah data.

Kerja System Operasi ini (salah satunya seperti windows) dimulai dengan istilah kata yang sering dikenal dengan 'booting',sebuah proses yang berjalan setelah anda menghidupkan komputer (setelah tombol on/power ditekan). Sebuah proses kerja yang melakukan pemeriksaan terhadap semua fungsi siap bekerja dengan semestinya,memeriksa adanya hardware yang baru,yang akan baru kemudian untuk dijalankan pada sistem operasi. Dan proses ini tentu akan membutuhkan waktu beberapa saat sebelum semua perangkat siap untuk dijalankan.

Jadi setelah semua perangkat siap kerja,barulah sistem operasi memulai untuk mengelola semua perangkat lunak dan perangkat keras pada komputer anda. Atau ada beberapa program yang berbeda yang berjalan pada saat yang bersamaan,dan semua itu memerlukan hubungan antara komputer Anda dengan Central Processing Unit (CPU),memori,dan penyimpanan. Sistem operasi mengatur semua ini untuk memastikan bahwa setiap program mendapat semua apa yang dibutuhkan. Makanya bila tanpa sistem operasi ini,semua perangkat lunak tidak bisa menyampaikan pesan/perintah pada perangkat keras,dan komputer tidak akan dapat bekerja atau beroperasi seperti yang dapat anda nikmati hari ini di komputer anda. Sehingga anda dapat bermain game,menulis dokumen,menjalankan browser untuk jelajah internet dan lain sebagainya.

Related Post

Previous
Next Post »
Namecheap.com