Efek Buruk Tanpa ShutDown Laptop/Komputer

Apa fungsi atau efek daripada proses Shutdown itu sebenarnya?, Kenapa juga waktu mematikan laptop atau komputer harus menggunakan shutdown,kan bisa saja langsung di off-kan dengan tombol off?. Mungkin sekali akan timbul banyak pertanyaan atau tidak bertanya sama sekali karena tak mengerti. Namun perlu diketahui bahwa proses tersebut dibuat/ada pada satu perangkat disebabkan memiliki maksud/fungsi penting untuk kepentingan hardware atau software perangkat itu sendiri dan juga untuk kebaikan pengguna itu sendiri. Walau terkadang pada masa tertentu akan terasa mengganggu karena harus menunggu proses shutdown sampai selesai.

Menu shutdown windows 7

Sabar atau tidak sabar dengan proses shutdown tapi ini tetap harus diperhatikan kepentingannya agar anda tidak salah mengerti dan mengambil jalan cepat,sementara anda tidak tahu kalau hal itu mengakibatkan efek buruk pada perangkat anda dalam waktu cepat atau lambat. Untuk itu anda harus tahu untuk apa shutdown itu dilakukan, dengan demikian anda akan merasa bahwa itu bukan suatu yang menjengkelkan,sebagaimana proses booting saat kompi/laptop baru dihidupkan. Maka bila shutdown anda remehkan akan dapat memberi kerugian seperti :
1. Hilangnya proses pengecekan komponen,sofware,data yang digunakan atau yang telah anda hapus. Sebab proses shutdown itu adalah merupakan proses registrasi ulang dilakukan.
2. Terbiasa terputusnya arus tiba-tiba/tidak normal. Padahal waktu proses shutdown prosesor memeritahkan bios menstop semua komponen dari aktifitasnya.
3. Bisa merusak prosesor pada akhirnya dengan sebab pemberhentian yang spontan seperti dari pendinginan. Karena perlu anda tahu kalau pendinginan pada saat shutdown bekerja cepat 2x lipat,namun bila dimatikan spontan artinya kinerja itu tidak dilakukan.
4. Sistem Memori tidak refres. Salah satu fungsi shutdown adalah mebersihkan/mengkosongkan sistem memori,agar waktu digunakan lagi nantinya sistem memori pada kondisi refres dan juga tidak mudah rusak.
5. Bisa mengancam hardisk,dikarenakan kinerja harddisk tidak dihentikan dan tidak dikembalikan dengan benar. Saat perangkat dijalankan hardisk bekerja menyalin data komponen,sofware ke registrasi perangkat/laptop/kompouter. Maka sebaliknya saat di shutdown hardisk diperintahkan untuk kembali diam dengan normal ke posisinya semula.
6. Mematikan langsung maka berarti komponen komputer akan secara mendadak mati tanpa pemutusan arus normal maka bisa dalam waktu cepat atau lambat menimbulkan kerusakan pada komponen komputer yang anda miliki.
7. Dengan cara mati tiba-tiba artinya juga kalau data komponen dan software tidak kembali sperti semula/tidak disimpan di registrasi,head hardisk di antara silinder HD (harddisk),karenanya waktu dinyalakan kembali nanti bisa "BED SECTOR HARDDISK" sebab komputer merusak silinder HD.
8. Ada lagi yang tahu,silahkan tamahkan dikomentar......
Proses shutdown

Maka setelah mengetahui efek buruk langsung mematikan laptop/komputer tanpa proses shutdown,kini kita akan lebih bersabar untuk melewati/melakukannya walau ahrus melihat proses yang butuh waktu sebagai proses pengembalian komponen dan software seperti semula,yang pada akhirnya dapat lebih menjaga/sebagai salah satu pemeliharaan laptop atau komputer anda. Selamat memahami....!

Related Post

Previous
Next Post »

Saran anda adalah pembangun kekurangan blog-Atau silahkan komentar ada yang diperlukan !Infoso.

Namecheap.com