Mengenal Istilah Booting Komputer/laptop

Apakah anda sudah tahu dengan istilah booting laptop/komputer?. Bagi anda yang hanya sering menggunakan komputer dan tak pernah memikirkan proses hidupnya komputer sampai masuk ke Sistem Operasi (OS) dan anda tidak pernah mengalami utak-atik di balik sistem Operasi yang anda gunakan ini akan jadi asing. Yang penting anda dapat menggunakan sistem operasi komputer anda dengan nyaman.

Tapi bagi anda yang ingin mengenal sedikit tentang ini saya akan berbagi dengan pengertian saya,setidaknya cukup untuk mengerti bukan untuk sebagai pelajaran ahli tapi setidaknya anda tidak akan bingung lagi bila suatu saat anda dituntut keadaan harus berurusan dengan istilah ini,karena mungkin bisa saja suatu saat anda mengalami masalah pada laptop/komputer anda dan anda mencari panduan mengatasinya lalu anda akan menemukan istilah 'boot/booting' maka anda sudah bisa dengan mudah mengikuti panduan tersebut.

Booting Pengertian mudahnya begini ;
Proses/perjalanan antara semenjak laptop/kompi anda di nyalakan sampai pada muncul Start Sistem Operasi (sebelum anda masuk ke sistem Operasi seperti Windows),yang kemudian anda baru dapat menjalankan Sistem itu. Biasanya saat laptop/kompi dinyalakan akan ada jarak beberapa detik/menit sebelum start. Nah,jarak itulah yang di sebut dengan istlah booting. Bisa dimengerti kan?

Lalu apa yang terjadi dan untuk apa booting itu atau apa yang dikerjakan?. Karena ini terjadi dibalik layar jadi tidak terlihat dari luar kecuali tanda loading yang bergerak. Kurang lebih yanag terjadi di balik layar saat loading Booting seperti ini:

- Ketika Kompi/laptop anda dinyalakan maka seluruh dari register prosesor diatur kosong dan prosesor di atur hapus (setting reset). Alamat 0xFFFF dimuat di[ code segmen dan kemudian perintah (instruksi) yang terdapat pada alamat 0xFFFF tersebut dijalankan.

- Ketika booting berlangsung maka program Basic Input Output System atau disebut BIOS sebagai software dasar akan terpanggil (aktif). Dan BIOS melakukan pengecekan pada semua error yang ada dalam memory,pada semua device yang terhubung pada komputer seperti port serial dan sebagainya. Maka Perjalanan tersebut biasa dinamakan dengan Power-On Self Test (POST).

Bila sang 'BIOS" sudah usai melakukan pengecekan sistem kemudian BIOS melanjutkan untuk mencari sistem operasi (OS),memuat dan mengeksekusi di memori.

Walau BIOS bukan memuat semua sistem operasi namun hanya memuat satu bagian dari kode yang ada pada first sector (boot sector) pada media disk yang telah diatur. Sementara ada yang di sebut Fragmen kode yang mesti di boot sector (boot strap loader). Kemudian "BIOS" memuat boot strap loader ke memori bermula dari 0x7C00,baru kemudian menggerakkan boot strap loader,selanjutnya boot strap loader memuat Sistem Operasi dan melakukan setting (pengaturan) yang dibutuhkan supaya OS dapat berjalan. Waduh,pusing yah....maka perjalanan itu yang dikenal dengan istilah "booting" tersebut.

Sampai disini sekedar mengenal istilah booting,dan sebenarnya ada beberapa nama "boot" sesuai dengan kejadiannya,untuk tahu lebih banyak silahkan andaa cari dulu dari sumber yang lain.

Dan bila anda ingin tahu dimana letak halaman "boot" anda dapat melihatnya dengan cara saat kompi/laptop anda dinyalakan dan biasanya ada petunjuk 'F12 Boot' di atas kanan kala booting klik tombol F12 (umunya begitu petunjukanya/bisa yang lain ikuti saja perintah yang muncul sesuai dengan jenis masing-masing). Maka anda akan masuk ke halaman Boot.

Untuk melihat halaman BIOS sama dengan cara di atas hanya klik tombol F2 (atau sesuaikan dengan perintah jenis laptop anda) karena kadang ada beberapa yang berbeda,maka anda akan masuk ke halaman BIOS.

Semoga manfaat !

Related Post

Previous
Next Post »

Saran anda adalah pembangun kekurangan blog-Atau silahkan komentar ada yang diperlukan !Infoso.

Namecheap.com