Mengenal dan Membuat Halaman Statis/Page blogspot

Anda tentu sudah pernah melihat atau mendengar tentang halaman statis/page. Setelah kemarin saya menulis 3 hal penting dalam menulis artikel/posting,kini akan memberi panduan cara membuat halaman statis blogspot. Yang sebenarnya hampir sama (tapi beda) terutama tampilnya. Di mana page ini tidak akan muncul pada halaman utama seperti halnya artikel postingan.

Jadi ada 2 tempat dalam ngeblog untuk menulis artikel/konten tapi memiliki fungsi sedikit berbeda. Yaitu :

1. Halaman statis/page hanya bisa ditampilkan berupa link dan bila link itu diklik baru akan dapat membuka halaman/page tersebut.

2. Karena halaman page ini tidak muncul sebagai update konten di halaman utama maka biasanya digunakan untuk halaman yang diisi berupa keterangan pribadi seperti tentang blog,daftar isi,privasi, dan lainnya.

3. Singkatnya fitur halaman statis ini sengaja ditambahkan adalah untuk kebutuhan yang harus namun bukan sebagai konten sesungguhnya,yang hanya untuk membantu pengunjung untuk mengenal,mengetahui aturan,dan mempermudah navigasi menuju yang diinginkan.

Demikianlah sedikit mengetahui tentang page,yang saya terangkan dengan bahasa saya,walau saya sadar tidak persis mengena pada arti sebenarnya namun setidaknya bagi anda pemula akan mudah mengerti sekilas tentang page. Dan untuk tampilan dashboard blogger sekarang antara halaman page dan posting sama saja (hanya page tidak ada kolom untuk label),link masuknya berbeda,juga fungsinya berbeda.

Sekarang langsung cara membuatnya,sekali lagi pada umumnya halaman statis ini digunakan untuk halaman about,kontak,privasi policy,disclaimer,daftar isi dan sejenisnya. Atau anda ingin menuliskan sesuatu yang anda tidak ingin muncul di halaman utama sebagai konten update.

1. Setelah anda masuk ke halaman dashboard blog anda,anda masuk ke halaman pengaturan blog terpilih dengan klik mana saja,baik tanda pensil,tanda segitiga kecil terserah.
2. Pada halaman berikutnya anda lihat ke menu sebelah kiri,dan klik pada menu halaman/page maka akan terlihat seperti gambar di bawah.

Link halaman/page
Lalu klik "New Page" untuk membuat halaman page baru.

3. Kemudian akan masuk ke pengisian halaman (tampilannya sama dengan posting).
4. Isi judul yang dikehendaki.
5. Isi kolom halaman sesuai tujuan dibuat.
6. Klik publikasikan. Selesai.

Untuk memunculkan dihalaman utama berupa link anda dapat memilih 2 cara.
1. Dengan menampilkan otomatis dengan menggunakan element/gadget "page" (lewat halaman tata letak). Klik "Tata Letak",pada halaman yang muncul cari dan klik "page",lalu kalau anda pilih mau ingin muncul di atas (bawah Header) atau di sidebar/footer (bawah).
2. Atau dengan manual,dengan membuat link ke URL "page" pada gadget java sciript atau yang lainnya yang bisa digunakan untuk memasang link.

Kalau masih ada yang belum mengerti silahkan tanya lewat komentar,atau cari artikel lain yang berhubungan bila sudah di upadte. Terima Kasih !

Related Post

Previous
Next Post »

Saran anda adalah pembangun kekurangan blog-Atau silahkan komentar ada yang diperlukan !Infoso.

Namecheap.com