3 Hal Penting Menulis Artikel Blog,Judul dan Label Post

Penting bagi pemula untuk mengetahui 3 elemen penting dalam menulis artikel di blog,namun disini saya tidak akan mengajari sastra menulis yang baik,karena saya malah merasa anda lebih tahu cara menyusun tulisan yang baik. Tapi dalam urusan menulis untuk blog bagi pemula tentu ada hal/sarana di blog yang harus diperhatikan. sebab karena saya juga pengguna setia blogger/blogspot maka saya juga akan menulis berhubungan dengan blogspot,walau umumnya sama juga intinya bagi pengguna platform lain.

Ada 3 hal yang harus dibuat,sesuai,mengena dengan kata kunci yang diinginkan dapat mudah ditemukan di mesin pencari,yaitu ;
1. Judul
2. Isi
3. Label.

Untuk masuk halaman posting blogspot bila dari halaman Dashboard anda klik gambar pensil lurus sebelah kanan judul blog anda. Bila anda sudah masuk pada halaman dashboard per blog anda klik new post/post baru di sebelah kiri atas.

Pensil Post
New Post
1. Judul Artikel.
Untuk masalah judul artikel saya tidak akan mengajarkan menurut ilmu SEO tinggi,tapi sekedar mengena dan pantas. Di mana judul adalah perwakilan/ringkasan/isyarat/kabar dari sebuah artikel. Maksudnya adalah dengan membaca judul seseorang dapat dengan mudah menerka apa yang akan dibahas (tema artikel keseluruhan) dari artikel itu. Maka Judul harus sesuai,artinya tidak menipu,dan dapat mudah membantu pencarian orang yang membutuhkan (menarik tapi tidak over [saya tak suka judul over]) sesuai dengan kebutuhannya. Sederhana unik tapi menarik,silahkan pikirkan sebelum menulis judul,anggap diri kamu adalah seorang pencari di mesin pencari sesuai tema yang anda sedang pikirkan,apa sekiranya yang akan anda ketik saat membutuhkan sesuatu,maka mereka pencari pun tidak akan jauh berbeda dengan anda. (Okey ini hanya gambaran bagi pemula,untuk tinggkat SEO tinggi nanti anda cari sendiri panduannya).

Kolom Judul dan Artikel

2. Menulis artikel. (lihat gambar di atas)
Artikel ini adalah isi dari judul yang nantinya akan terkait untuk memudahkan dengan masalah label. Anda boleh menulis apa saja yang anda bisa dan mengerti (yang begini yang lebih bermanfaat),walau anda tidak ahli minimal anda mengerti dengan tulisan anda sendiri,meski mengambil referensi dari blog lain. Dan usahakan menulis dengan urutan bahasan runtut,bahasa sederhana/tidak banyak menggunakan istilah tapi bagus (ingat pengunjung tidak semua dapat dengan mudah menangkap maksud sebab mungkin mereka tidak mangenal istilah yang dipakai). Sekali lagi untuk pedalaman seo dalam artikel saya bukan ahlinya,jadi cari sendiri di google panduannya. Panduan ini hanya untuk pemula agar diawal posting sudah ada pengertian cara posting diblog.

3. Menentukan label.
Label untuk blogspot bisa dimanfaatkan sebagai keyword karena label juga akan sangat membantu memudahkan pengunjung untuk menemukan kelompok tema artikel yang dicari.

Label juga (di blogspot) kadang digunakan untuk tag (hampir sama dengan label sih) cuma lebih khusus,maka biasanya tag akan lebih banyak makan tempat,apalagi kalau artikel blog nanti sudah banyak. Karena tag ditulis dengan per kata yang berkaitan dengan masing-masing artikel,dan bila dimunculkan dengan elemen bawaan blogger pada halaman blog akan jadi satu tempat tag,maka jadi banyak. Mungkin anda pernah kan masuk blog orang anda melihat ada menu tag yang berderet panjang.

Label juga bisa dikatakan kategori suatu artikel. Kategori ini adalah pengelompokan masalah/isi artikel dalam satu wadah,umpama artikel dengan tema yang membahas masalah tip-tips dan trik maka semua artikel yang semisal semua dikategorikan dalam satu wadah "Tips dan Triks" itu yang disebut kategori.

Begitu saja garis besarnya,malah saya yang pusing nih. Jadi kembali ke 3 hal penting dalam menulis artikel perhatikan/perhitungkan Judul yang baik dan benar,isi yang manfaat dengan susunan paragraf yang runtut,dan memberi label yang cocok dengan tema artikel. Seperti blog yang isinya masalah windows,maka kategori disesuaikan umpama dengan kategori Windows xp,windows vista,windows 7.windows 8 dan lainnya.

Lalu dimana anda memasukkan kata label atau kategori di halaman posting?,bila anda pengguna blogspot anda cukup melirik ke sebelah kanan kolom posting ada menu label di situ klik "label",akan terbuka kolom dan masukkan kata pelabelan anda di situ. Kemudian klik "Done".

Kolom Label

Bila sudah Di isi judul,artikel sudah ditulis,dan label telah diberi maka saatnya anda kilk "Publish" di bagian atas kanan kolom. Selesai.

Related Post

Previous
Next Post »

Saran anda adalah pembangun kekurangan blog-Atau silahkan komentar ada yang diperlukan !Infoso.

Namecheap.com