Memanfaatkan Gadget Blogspot dan Memasangnya

Seperti yang saya alami dulu ketika baru belajar blog,dalam masalah gadget blogspot meski dibilang mudah tapi saya rasakan dulu tidak begitu (tapi sulit). Sebab yah karena belum tahu. Walau juga dibilang seperti sepele namun memanfaatkan gadget sangat penting dan akan membantu menaikan nilai pada blog bagi mesin pencari atau pun pengunjung.

Akan tetapi,juga harus melihat kebutuhan bukan berarti semua gadget main pasang sembarang justru akan membuat blog berantakan,dan membuat bingung serta tidak nyaman.

Gadget: Ini biasanya dikenal dengan sebutan element yang merupakan fitur yang diberikan agar pengguna/pengelola blog makin mudah dalam mengatur tampilan navigasi blog. Yang dapat ditemui pada bagian menu 'tata letak' dashboard masing-masing. Seperti gambar dibawah ini:

Tata Letak/Layout
Maka secara umum fitur 'Tambah Gadget' pada template tersedia dibawah header (tempat judul blog),pada sidebar (bagian kanan/kiri halaman,dan pada bagian footer (bagian paling bawah). Dan bila anda sudah tahu caranya anda juga dapat menambah atau menguranginya lewat EDIT HTML.

Untuk memasang gadget anda cukup dengan klik menu "tata letak/Layout" - Klik "Tambah gadget/Add Gadget" pada posisi yang yang anda mau,lalu pilih gadget yang anda butuhkan,lalu klik "sve". Jadi deh...!

Contoh anda ingin menampilkan widget profil anda pada halaman blog di bagian footer (bawah),maka dari halaman "tata letak" anda klik "tambah gadget pada bagian bawah (saya anggap template anda ada gadget footernya),bila tidak anda dapat mengganti template lain atau mencari panduan untuk menambah "tambah gadget" di footer.

1.
Gadget bagian Footer
2.
Pilih Gadget Profil

3.
Pilih save/simpan
4.
Profil sudah terpasang
Pada contoh ini pada bagian footer terbagi jadi 3 dan sebagai contoh akan memasang profil di bagian paling kiri footer.

Nah di fitur gadget yang disediakan blogger untuk para pengguna banyak ragam dan memiliki fungsi kelengkapan blog masing-masing,anda dapat memasangnya tinggal memilih sesuai dengan keperluan blog anda. Dan fitur gadget ini terus ditambah hingga para pengguna blogspot makin dimudahkan dengan hanya beberapa klik sudah dapat menampilkan gadget yang dimaui tanpa harus memahami kode script,karena secara otomatis hanya dengan klik link yang tersedia anda dapat memunculkan widget gadget tersebut. Selamat beroptimasi blog dengan fitur gadget blogger. Semoga membantu !

Related Post

Previous
Next Post »

Saran anda adalah pembangun kekurangan blog-Atau silahkan komentar ada yang diperlukan !Infoso.

Namecheap.com