Mengenal Istilah Cloud

Seperti istilah cloud,cloud komputasi,atau cloud storage banyak di sebut-sebut orang dan mungkin anda juga pernah mendengarnya. Dan kini apa anda tahu maksud dari istilah Cloud itu sendiri yang sudah umum banyak digunakan orang. Jadi sebutan "cloud" secara mendasarnya adalah sama dengan sebutan internet namun ini lebih khusus lagi,yaitu semua hal-hal yang dapat di akses oleh anda dari jarak jauh melalui internet. Ketika ada sesuatu yang di "Cloud",itu artinya adalah sesuatu yang disimpan pada server di internet,bukan di simpan pada komputer Anda. Yang memungkinkan Anda dapat mengakses seperti kalender,email,file,dan lebih banyak hal lagi dari komputer di mana pun berada yang penting memiliki hubungan/terhubung ke internet.

Gambaran atau pengertian yang lebih perincinya begini,Anda yang terbiasa atau pernah main internet kemungkinan anda pernah menggunakan email yang berbasis web,maka sebenarnya Anda telah menggunakan cloud,karena semua email yang ada di inbox/kotak masuk email Anda itu disimpan pada satu server (tempat penyimpanan online). Namun,ada banyak layanan lain yang menggunakan cloud dengan cara yang berbeda seperti ;
  • Dropbox ; Dropbox ini sebuah adalah layanan penyimpanan cloud yang memungkinkan Anda dengan mudah menyimpan dan berbagi file dengan orang lain,dan itu memungkinkan Anda dapat untuk mengakses file Anda juga dari perangkat mobile.
  • Evernote ; Evernote ini memungkinkan Anda menulis sebuah catatan,klip halaman web,mengambil foto,dan mengatur semuanya dari komputer atau perangkat mobile.
  • Mozy dan Carbonite; Istilah ini adalah memungkinkan untuk dapat secara otomatis membuat cadangan data Anda berkaitan dengan kasus komputer Anda umpama hilang,dicuri,atau rusak.
  • Dan lain-lain.

Jadi kesimpulannya,meski ada sedikit perbedaan cara peng-Cloud-an namun dasarnya adalah sama bahwa istilah cloud ini punya pengertian yang sama dengan Internet hanya lebih tertuju,mengarah pada hal yang lebih khusus. Yaitu dapat mengakses sesuatu via online/internet,tapi pengertiannya lebih menyempit lagi. Singkatnya cloud adalah penyimpanan online data atau file dan segala sesuatu yang dapat di akses lewat internet.

Begitu sekiranya sharing dari saya tentang Istilah "Cloud",mungkin akan memiliki perbedaan dari sumber yang lain,walau tujuan pengertiannya sama,semoga mudah dimengerti dan membantu anda.

Related Post

Previous
Next Post »
Namecheap.com